Sabtu, 26 Mei 2012

Sulitnya Samai Capaian Guardiola


Madrid - Nama Josep Guardiola akan tercatat dengan tinta emas dalam sejarah Barcelona. Sebagai pelatih yang paling sukses bersama The Catalans, prestasi Guardiola akan sangat sulit untuk disamai.

Meski sukses sebagai pemain, Guardiola terhitung masih "hijau" sebagai pelatih saat dipercaya membesut tim utama Barca pada awal musim 2008/2009. Pengalaman melatihnya cuma di Barca B, itu pun cuma semusim.

Namun, hal itu sekarang terasa tak penting lagi. Guardiola sudah membuktikan diri bahwa dia memang sangat layak duduk di kursi entrenador Los Cules.

Selama empat musim menukangi Barca, Guardiola mempersembahkan total 14 trofi. Jumlah tersebut menjadikannya sebagai pelatih paling berhasil dalam sejarah Barca.

Trofi ke-14 Guardiola sebagai pelatih Barca adalah Copa del Rey, yang dia raih pada Sabtu (26/5/2012) dinihari WIB. Di partai final, Barca yang diasuhnya menghajar Athletic Bilbao tiga gol tanpa balas.

Dengan tambahan satu piala itu, Guardiola kini unggul tiga piala atas pelatih legendaris Barca, Johan Cruyff. Cruyff yang bekerja di Camp Nou pada periode 1988–1996 cuma menyumbangkan 11 gelar.

Trofi Copa del Rey itu juga jadi yang terakhir diberikan oleh Guardiola kepada Barca. Dia telah memutuskan mundur pada akhir musim ini dan selanjutnya akan digantikan oleh asistennya, Tito Vilanova.

Pelatih-pelatih tersukses Barcelona berdasarkan jumlah trofi yang diberikan, seperti dilansir Infostrada:

14 - Josep Guardiola (3 La Liga, 2 Copa del Rey, 3 Piala Super Spanyol, 2 Piala/Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, 2 Piala Dunia Antarklub)

11 - Johan Cruyff (4 La Liga, 1 Copa del Rey, 3 Piala Super Spanyol, 1 Piala/Liga Champions, 1 Piala Dunia Antarklub, 1 Piala Super Eropa)

5 - Ferdinand Daucik (2 La Liga, 3 Copa del Rey)

5 - Helenio Herrera (2 La Liga, 2 Copa del Rey, 1 Piala Fairs)

5 - Frank Rijkaard (2 La Liga, 2 Piala Super Spanyol, 1 Piala/Liga Champions)


( mfi / krs ) 
http://sport.detik.com/sepakbola/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prok - prok - prok... "Apa Komentar Anda?"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...