Senin, 21 Mei 2012

Napoli Juara Coppa Italia, Hamsik Pangkas Rambut


Roma - Napoli berhasil tampil sebagai juara Coppa Italia setelah mengalahkan Juventus dengan skor 2-0. Dua gol Napoli disumbangkan oleh Edinson Cavani dan Marek Hamsik.

Di laga final yang dimainkan di Stadio Olimpico, Senin (21/5/2012) dinihari WIB, kedua tim bermain 0-0 hingga babak pertama berakhir. Cavani memecah kebuntuan Napoli di menit ke-62 lewat titik putih. Napoli kemudian menggandakan keunggulan lewat Hamsik di menit ke-83. Kemenangan ini membuat Napoli memenangi Coppa Italia untuk keempat kalinya. Terakhir kali Il Partenopei memenangi trofi ini adalah di musim 1986/1987.

Sementara bagi Juve, ini adalah kekalahan pertama mereka musim ini di semua kompetisi. Sebelumnya, Bianconeri memenangi scudetto musim ini dengan catatan tak terkalahkan selama 38 pekan.


Marek Hamsik

Marek Hamsik memenuhi nazarnya jika Napoli sukses merengkuh trofi Coppa Italia. Ia memangkas rambut Mohawk yang selama ini menjadi ciri khasnya. Selama ini Hamsik identik dengan gaya rambut yang khas. Dengan rambut jabrik alias tegak berdiri ala Mohawk, sosok pesepakbola 24 tahun ini mudah dikenali di lapangan.

Sebelum laga final Coppa Italia digelar, Hamsik sempat melontarkan kaul. Jika Partenopei jadi juara, ia akan memotong rambut khasnya itu. "Jika kami menjuarai Coppa Italia maka aku akan memotongnya. Aku sudah tidak sabar menunggu pertandingan itu," seru Hamsik beberapa hari sebelum laga final digelar.

Kini Napoli benar-benar menjadi kampiun Coppa Italia. Edinson Cavani dkk. keluar sebagai juara setelah mengandaskan Juventus di Stadio Olimpico. Hamsik pun memenuhi janjinya untuk memangkas rambut yang selama ini sudah menjadi ciri khasnya itu. Dua rekannya, Paolo Cannavaro dan Christian Maggio, menjadi orang yang membantu Hamsik untuk melaksanakan nazarnya.

"Paolo Cannavaro dan Christian Maggio memotong rambutku. Itu adalah janji yang aku jaga," ujar Hamsik sambil tersenyum seperti dikutip Football Italia.

Jalannya Pertandingan
Di awal-awal pertandingan, Napoli langsung mengambil inisiatif serangan dan sudah mendapat peluang emas di menit kedua. Umpan Campagnaro dari sisi kanan diambut sundulan oleh Zuniga. Namun bola masih mampu ditepis oleh Storari.

Napoli kembali mengancam pertahanan Juve. Lewat sebuah serangan balik, Lavezzi mengirim umpan pada Cavani yang cukup bebas. Tapi hakim garis terlebih dulu mengangkat bendera karena Cavani terperangkap offside.

Di menit ke-18, Juve mendapat peluang lewat kaki Marchisio. Gelandang internasional Italia itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun De Sanctis masih mampu membaca arah bola dan menepisnya. Tujuh menit kemudian, Juve mendapat tendangan bebas setelah Pirlo dijatuhkan oleh Aronica. Tapi eksekusi Del Piero masih membentur pagar betis Napoli dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Borriello! Sepakan jarak jauhnya di menit ke-38 masih melebar di sisi kanan gawang De Sanctis.

Tiga menit kemudian, Juve kembali mengancam pertahanan Napoli. Del Piero sukses mengirim bola ke Marchisio yang ada di dalam kotak penalti. Tapi sepakan Marchisio masih terlalu lemah dan mampu diamankan oleh De Sanctis. Jelang turun minum, Juve mendapat tendangan bebas setelah Del Piero dijatuhkan. Eksekusi Del Piero masih mampu ditepis oleh De Sanctis. Hingga turun minum, skor tetap 0-0 untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua, Napoli kembali menghadirkan ancaman bagi pertahanan Juve. Pergerakan Dzemaili dari sisi kiri berhasil menembus pertahanan Juve. Sial bagi Napoli, umpan Dzemaili tak mampu dijangkau Cavani dan bola hanya meluncur di depan gawang Juve. Napoli mandapat hadiah penalti di menit ke-62. Wasit menunjuk titik putih usai Storari menjatuhkan Lavezzi.

Cavani yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Napoli 1 Juve 0.

Tertinggal satu gol, Juve terus meningkatkan serangan.Pirlo melepaskan umpan pada Marchisio yang berdidi bebas di sisi kanan kotak penalti Napoli. Tapi sepakan Marchisio masih belum menemui sasaran.

De Sanctis kembali melakukan penyelamatan gemilang. Ia mapu membaca arah dari bola sepakan voli Bonucci di pojok kanan gawang Napoli. Pepe! Peluang emas di dalam kotak penalti Napoli bagi Juve. Tembakan Pepe dari dalam kotak penalti masih membentur Aronica dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Juve.

Asyik menyerang, Juve justru lengah di barisan pertahanan. Hal itu mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Napoli lewat sebuah serangan balik. Pandev yang membawa bola hingga mendekati kotak penalti Juve kemudian mengirimkan umpan pada Hamsik yang ada di sisi kanan. Hamsik kemudian melepaskan sepakan ke pojok kanan gawang Storari.

Upaya Juve untuk mengejar ketertinggalan makin berat setelah mereka harus bermain dengan 10 orang. Quagliarella yang masuk menggantikan Borriello di babak kedua diganjar kartu merah usai menyikut Aronica.

Susunan Pemain
Juventus: Storari; Barzagli, Bonucci, Caceres; Lichtsteiner (Pepe 68'), Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Del Piero (Vucinic 68'), Borriello (Quagliarella 73')

Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio, Dzemaili, Inler, Hamsik (Dossena 86'), Zuniga; Lavezzi (Pandev 73'), Cavani (Britos 93')

( din / din ) 


http://sport.detik.com/sepakbola 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prok - prok - prok... "Apa Komentar Anda?"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...